Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Dompu
Header
BERITA

Sekretaris Bappenda Dompu Sorot Sumber Penghasilan Daerah Dari Hasil Obyek Wisata

Obyek Wisata

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dikbudpar) belum memaksimalkan pemanfaatan obyek-obyek wisata di Kabupaten Dompu. Padahal kalau dikelola dengan baik obyek wisata di Dompu tidak hanya meningkatkan perekonomian warga, namun juga bisa menjadi sumber penghasilan daerah yang cukup besar.

“Dompu sudah sangat terkenal dengan pantai Lakey yang indah dan menjadi pusat tujuan wisata, sayangnya penghasilan daerah yang dihasilkan dari berbagai obyek wisata di Kabupaten Dompu tidak banyak”, Kata Ir, Armansyah Sekretaris Badan Pengelolaan dan Pendapatan Daerah (Bappenda) Dompu kepada media ini.

Dikatakan, tujuan wisata di Dompu cukup banyak, hanya saja pihak yang dipercayakan bijak mengelola pariwisata dimaksud.

“Di Dompu obyek wisata andalan yang menjadi sumber penghasilan daerah ada tiga pantai Lakey, Ria dan Madaprama, untuk Madaprama saat ini semakin berkurang sumber penghasilanya karena tidak didukung fasilitas”, ungkapnya.

Sementara obyek wisata lain yang bisa menjadi penghasilan daerah kata Dia, yakni Sarae Nduha di Kecamatan Pekat, sayangnya Sarae Nduha tidak dikelola dengan baik, padahal bisa menjadi sumber penghasilan daerah yang cukup besar.

Armansyah juga menampik tidak berkembangnya pengelolaan wisata karena persoalan anggaran, menurutnya itu alasan klasik, karena banyak daerah lain yang obyek wisatanya maju karena pengelolaanya baik dan dilakukan secara mandiri dengan bekerjasama dengan masyarakat.

“Kalau menunggu anggaran besar kapan obyek wisata kita bisa berkembang, “Ungkapnya. seraya menambahkan, alasan melibatkan masyarakat dalam hal penarikan karcis di obyek wisata agar anggaranya sebagian untuk masyarakat dan sebagianya untuk daerah.

BERITA LAINNYA

Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (Pad) Dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Keuangan Daerah

Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (Pad) Dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Keuangan Daerah

“OPTIMALISASI PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DALAM RANGKA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEUANGAN DAERAH” Oleh: Ir. Armansyah, M.Si Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah…
Bappenda Dompu Akan Segera Memungut Pajak Sarang Burung Walet

Bappenda Dompu Akan Segera Memungut Pajak Sarang Burung Walet

Usaha mendirikan bangunan rumah sarang burung walet di beberapa wilayah termasuk Kabupaten Dompu kian merebak. Pemerintah Kabupaten Dompu melalui Bappenda…
Bangunan Depan Taman Kota Nunggak Pajak Rp 189 Juta

Bangunan Depan Taman Kota Nunggak Pajak Rp 189 Juta

Sebanyak 13 unit bangunan Rumah dan Toko yang berderet di Taman Kota Dompu, rupanya tidak memenuhi kewajibannya untuk membayar pajak.…
Close Menu