Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Dompu
Header
BERITA

Bappenda Dompu Akan Segera Memungut Pajak Sarang Burung Walet

Burung Walet

Usaha mendirikan bangunan rumah sarang burung walet di beberapa wilayah termasuk Kabupaten Dompu kian merebak. Pemerintah Kabupaten Dompu melalui Bappenda akan segera memungut pajak sarang burung walet sesuai ketetapannya yaitu sebesar 10 persen dari hasil jual.

Pemungutan pajak dari sarang burung walet bukan semata-mata untuk mengejar Pendapatan Asli Daerah (PAD). Namun dengan jumlah yang sudah tidak sedikit khususnya di Dompu sudah sepantasnya untuk dilakukan pemungutan pajak kepada pengusaha sarang burung walet.

Menurutnya, pajak sarang burung walet adalah pajak atas kegiatan pengambilan dan atau pengusahaan sarang burung walet. Adapun dasar pengenaan pajak besaran tarif dan cara perhitungan tarif adalah dasar pengenaan pajak sarang burung walet, nilai jual sarang burung walet dihitung berdasarkan perkalian antara harga pasaran umum sarang burung walet dengan volume sarang burung walet dan tarif pajak sarang burung walet ditetapkan sebesar 10 persen.

Arif menambahkan, potensi pendapatan daerah dari sektor pajak sarang burung Walet dapat diandalkan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Dengan keseriusan dan didukung oleh regulasi, pajak sarang walet mampu mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) Dompu, “Apalagi belakangan ini kegiatan budidaya sarang burung itu kian tinggi, “Kata Arifudin.

Arif juga mengatakan, untuk memaksimalkan potensi pajak dari sarang burung walet, dalam waktu dekat Bappenda Dompu akan mensosialisasikan kepada pengusaha sarang burung walet dan pengusaha lainya.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Kementrian Keuangan RI dan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara untuk meminta bantuan tenaga untuk mensosialisasikan pajak sarang burung walet dimaksud. Berdasarkan jadwal, kegiatan sosialisasi akan dilaksanakan tanggal 11-12 Bulan Oktober ini. “Ungkapnya.

Lebih lanjut Arifudin mengatakan, jika regulasi untuk menarik pajak dari sektor sarang burung walet itu nantinya disahkan, dirinya optimis usaha sarang walet ini dapat membantu pemasukan PAD kita. Selain sektor sarang burung walet yang akan digenjot, pajak dari kos-kosan juga berpotensi pemasok pajak bagi PAD Dompu.

BERITA LAINNYA

Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (Pad) Dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Keuangan Daerah

Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (Pad) Dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Keuangan Daerah

“OPTIMALISASI PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DALAM RANGKA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEUANGAN DAERAH” Oleh: Ir. Armansyah, M.Si Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah…
Bangunan Depan Taman Kota Nunggak Pajak Rp 189 Juta

Bangunan Depan Taman Kota Nunggak Pajak Rp 189 Juta

Sebanyak 13 unit bangunan Rumah dan Toko yang berderet di Taman Kota Dompu, rupanya tidak memenuhi kewajibannya untuk membayar pajak.…
Pajak Reklame Komponen Yang Potensial Penyumbang PAD

Pajak Reklame Komponen Yang Potensial Penyumbang PAD

Pajak Reklame merupakan salah satu bagian dari berbagai macam pajak daerah, di mana pajak reklame dapat digunakan untuk meningkatkan penerimaan…
Close Menu